Blogisense - Sebelum melangkah lebih jauh dalam membahas tentang AdSense, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengenal beberapa istilah yang digunakan dalam layanan periklanan ini. Paling tidak dengan mengetahui arti dari tiap istilah yang sering digunakan dalam program AdSense ini, maka sobat akan lebih mudah dalam mengelola akun AdSense Anda kedepannya.
Berikut ini istilah dalam AdSense beserta artinya :
Publisher
Publisher adalah pihak penayang iklan. Biasanya adalah para pemilik blog atau website yang mendaftar dan telah disetujui untuk memasang konten iklan oleh pihak pengelola layanan periklanan atau Google AdSense.
Setiap publisher dari Google AdSense hanya diperbolehkan memiliki satu akun Google AdSense, tetapi mereka dapat memasang iklan dari Google AdSense pada semua web/blog yang mereka miliki dan pastinya setelah disetujui oleh pihak Google AdSense.
Ad Units
Ini adalah unit iklan dari AdSense itu sendiri. Ad Units ini dapat dibedakan dalam beberapa jenis yang diantaranya adalah unit jenis gambar dan yang paling populer adalah jenis teks. Tiap adanya klik (yang sah) dari pengunjung web/blog pada unit iklan tersebut, publisher akan mendapatkan pemasukan sesuai nilai dari CPC.
Link Units
Ini adalah unit iklan yang formatnya mirip dengan format menu yang contohnya bisa kita lihat pada beberapa situs web. Agak berbeda dengan Ad Units yang jika diklik akan langsung membawa pengunjung ke halaman iklan yang dituju.
Jika pada Link Units, saat pengunjung melakukan klik pada iklan jenis ini, maka pengunjung tersebut akan diarahkan terlebih dahulu pada halaman hasil pencarian dari search engine Google. Nah, pada halaman inilah jika pengunjung kemudian mengklik salah satu Ad Units yang ada pada halaman search engine itu, maka publisher baru menerima pemasukan.
Meski terlihat lebih rumit, Link Units malah telah terbukti mampu memberikan pemasukan lebih banyak dibandingkan jenis Ad Units.
AdSense for Content
AdSense for Content adalah jenis iklan dari AdSense yang terpasang dalam suatu halaman. Bagusnya, kumpulan iklan yang muncul adalah iklan yang temanya terfokus dan sesuai/berhubungan dengan isi dari halaman yang bersangkutan. Ad Units dan Link Units juga masuk dalam iklan jenis ini.
Adsense for Search
Adsense for Search adalah metode penayangan iklan dari pihak Adsense dengan menggunakan sistem pencarian Google. Jika diklik, maka pengunjung akan diarahkan pada halaman utama pencarian Google yang berisi kumpulan list dalam kategori yang sama.
Alternate Ads
Ini adalah jenis iklan alternatif pengganti iklan utama atau Ad Units yang kita pasang. Fitur Alternate Ads disediakan jika sebuah Ads Units yang kita pasang tadi sudah tak memiliki stok lagi alias habis. Maka dengan publisher menggunakan fitur Alternate Ads ini, iklan utama atau Ads Units yang tadinya kosong akan digantikan secara otomatis dengan iklan lain yang telah kita atur pada fitur ini.
Jika Anda tidak mengatur fitur Alternate Ads ini, maka Google akan mengganti Ads Units yang kosong tadi dengan iklan default. Iklan default ini berupa iklan yang biasanya berisi tentang layanan masyarakat atau dikenal juga dengan istilah PSA (Public
Service Ads ). Karena PSA ini bertipe donasi, maka iklan ini tidak akan menghasilkan apa-
apa bagi publisher jika diklik.
Channels
Channels di adsense berfungsi untuk memudahkan publisher mengontrol dan menganalisa performa AdSense mereka. Channels pada Adsense bisa diartikan semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, maupun Referrals.
Dalam penggunannya, satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, begitu pula sebaliknya, satu label dapat digunakan pada
lebih dari satu unit iklan. Biasanya publisher akan memberikan sebuah nama label untuk beberapa iklan yang mereka tampilkan dalam sebuah blog. Tujuannya untuk memudahkan saat menganalisa dan membedakan antara unit iklan dari blog satu dengan blog lainnya. Tapi tak menutup kemungkinan mereka juga biasa menambahkan label berbeda untuk tiap unit iklan dalam satu blog itu sendiri, tujuannya tak lain agar info yang ditampilkan bisa lebih terperinci.
Untuk jumlah Channels yang boleh dibuat maksimal adalah 200 kanal.
Clicks
Clicks adalah istilah untuk jumlah klik dari Ad Units ataupun Channels milik publisher, yang nantinya juga akan ditampilkan dalam halaman Adsense Anda. .
CTR (Clickthrough Rate)
CTR merupakan rasio atau perbandingan dalam persen
antara jumlah klik pada suatu Ad
Units dengan jumlah tampilan dari Ad Units tersebut. Contoh, jika ada satu Ad Units yang ditampilkan sebanyak 1000 kali dan terjadi klik sebanyak 10 kali, maka nilai CTR yang diperoleh adalah dengan penghitungan sebagai berikut :
10/1000 x 100%=1%, jadi nilai CTR - nya adalah 1%.
Nilai CTR yang normal itu berkisar antara 0% hingga 5%. Nah, jika sampai ada seorang publisher.yang memiliki nilai CTR hingga di atas 100%, maka dalam hal ini berarti telah terjadi kecurangan yang akan mengakibatkan akun Adsense di banned.
CPC (Cost Per Click)
CPC inilah sebutan untuk jumlah uang yang didapatkan oleh publisher dari klik yang terjadi pada Ad Units. Nilai CPC pada masing-masing Ad Units berbeda-beda yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya termasuk performa dan kualitas dari web/blog milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin bisa didapat adalah sebesar 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan/advertiser
eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil bagi antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman
(per mill atau 1.000). Sebagai contoh, jika publisher menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi yang ada, maka ia akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4. Penghitungannya $200 dibagi 50.
Page View
Page View atau Page impression adalah jumlah tampilan dari halaman sebuah blog yang didalamnya terdapat iklan Adsense. Jumlahnya tak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang terpasang. Misalkan Page View-nya 100, maka hasilnya juga akan tetap 100 berapapun jumlah Ad Units yang Anda pasang di halaman tersebut.
Estimated Earning
Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.
==============
Tag
Istilah Dalam Google AdSense, Arti Istilah Dalam Google AdSense